Jum’at, 31 Januari 2020 sebagian warga Desa Tanjung Kecamatan Kalidawir yaitu sekitar 68 KK menerima distribusi Kartu Indonesia Sehat yang diserahkan langsung oleh kepala desa Tanjung yang didampingi oleh Pendamping Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Kalidawir,  di balai desa Tanjung.

Menurut Pendamping TKSK Kalidawir, Bapak Mastur, M.Pd kartu KIS yang diberikan kepada warga Tanjung tersebut merupakan Kartu Indonesia Sehat bagi warga yang masuk kedalam segmen peserta Penerima Bantuan Iuran yang dibiayai oleh Pemerintah.

Bapak Mastur menjelaskan, bagi warga penerima Kartu Indonesia Sehat dapat langsung memanfaatkan kartu KIS yang diperoleh apabila memerlukan pelayanan kesehatan tanpa ditarik biaya tambahan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku. “Jadi ketika memerlukan pelayanan kesehatan, tentunya peserta bisa berobat ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama terlebih dahulu, ketika nantinya memerlukan penanganan lebih detail baru akan dirujuk ke Fasilitas Kesehatan Tingkat Lanjutan, terkecuali dalam keadaan gawat darurat maka peserta JKN bisa langsung menuju ke UGD di Rumah Sakit,” imbuhnya.

Sambutan dari Pendamping TKSK Kalidawir

Imam Mahmudi, S.Pd, kepala desa Tanjung memberikan sambutan saat acara berlangsung, beliau mengaku senang karena dari sebagian warganya sudah memiliki jaminan kesehatan. Harapannya, kartu tersebut dapat meringankan beban warganya ketika suatu saat memerlukan pelayanan kesehatan. “Ya kalau bisa jangan sampai sakit, tapi kan kalau sakit nanti sudah lebih tenang karena kalau memakai kartu ini (KIS) sudah tidak perlu membayar lagi,” tuturnya. (ADMIN/YHL)

sambutan kepala desa Tanjung bapak Imam Mahmudi, S.Pd
Pembagian Kartu KIS
Pembagian Kartu KIS

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?